Kamis, 18 November 2010

SEKELEBAT CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Tetapi ada pula yang mengartikan CSR sebagai sebuah program yang mengimplementasikan tanggung jawab sosial sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. CSR juga sebagai pembangunan berkelanjutan karena suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan tetapi juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang kedepannya.

Perusahaan dalam hubungannya dengan masyarakat sekarang ini yang paling menjadi perhatian adalah peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masalah etika. Perusakan lingkungan, perlakuan tidak layak bagi karyawan, dan cacat produksi yang mengakibatkan ketidak nyamanan ataupun bahaya bagi konsumen adalah masalah yang sering timbul sehingga disanalah kebijakan CSR diperlukan dalam membuat keputusan.

Bentuk - bentuk dalam CSR yang dilakukan perusahaan antara lain :
• Sumbangan sosial
• Pembangunan proyek untuk keperluan sosial
• Beasiswa
• Pendirian yayasan sosial
• Sukarelawan
• Kegiatan amal, dan lain – lain.

Untuk membuktikan suatu perusahaan adalah perusahaan yang bagus maka perusahaan harus dapat membuat laporan atas dilaksanakannya standar CSR dalam hal :
• Akuntabilitas berstandar AA1000
• Menggunakan standar acuan berkelanjutan Global Reporting Initiative
• Standar Acuan pemantauan Verite
• Laporan berdasarkan standar akuntabilitas sosial internasional SA8000
• Standar manajemen lingkungan berdasarkan ISO 14000

Dalam CSR juga terdapat alasan yang berkaitan dan berhubungan dengan bisnis pada suatu perusahaan yang antara lain :
• Sumber Daya Manusia
Program CSR dapat berwujud penarikan tenaga kerja dan memperjakan masyarakat sekitar yang kemungkinan akan meningkatnya pertanyaan mengenai kebijakan CSR yang digunakan suatu perusahaan.
• Manajemen Resiko
Adalah salah satu hal paling penting dari strategi perusahaan karena dengan adanya suatu kesalahan fatal seperti korupsi ataupun perusakan lingkungan hidup sekitar perusahaan akan menghancurkan reputasi perusahaan yang telah dibangun sekian lama dan untuk itulah komponen kebijakan CSR dibentuk.
• Membedakan Merek
Pada persaingan pasar yang sangat padat saat ini perusahaan berupaya keras untuk membuat suatu cara penjualan yang unik sehingga dapat membedakan produknya dari para pesaingnya di benak konsumen dan dalam hal ini CSR dapat berperan untuk menciptakan loyalitas konsumen atas dasar nilai khusus dari etika perusahaan yang juga merupakan nilai yang dianut masyarakat.
• Izin Usaha
Perusahaan berusaha keras untuk menghindari masalah yang berhubungan dengan Pajak dan peraturannya.
• Motif perselisihan Bisnis
Kritik mengenai CSR akan menyebabkan suatu alasan dimana akhirnya bisnis perusahaan dipersalahkan.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

http://prayudi.wordpress.com/2007/05/21/csr/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar