Selasa, 05 Januari 2010

segmentasi pasar menurut golongan

tugas perilaku konsumen :


Swastha & Handok segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.

Sedangkan definisi yang diberikan oleh Pride & Ferrelsegmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

Di lain pihak Pride & Ferrel segmentasi pasar sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.

Menurut Kotler, Bowen dan Makens pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri.saya sendiri segmentasi pasar adalah pengelompokan dan pendefinisi.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar yaitu pembagian, pengelompokan dan pengidentifikasian pasar menurut fungsi dan gunanya untuk mengetahui target dan sasaran masing-masing pasar tersebut.

Segmentasi manfaat menurut produk – produknya dapat di golongkan menjadi :
1. Segmentasi pasar menurut golongan Makanan Ringan :
a. Ekonomi
Harganya relatif murah dan terjangkau dari semua kalangan.
b. Kualitas
Hampir semua produk mempunyai kualitas yang baik.
c. Rasa
Disesuaikan dengan minat para konsumen.
d. Bentuk
Sesuai dengan keinginan konsumen.
e. Merk
Dapat membuat konsumen untuk tertarik terhadap produk tersebut.

2. Segmentasi pasar menurut golongan Obat – obatan :
a. Ekonomi
Harganya sesuai dengan guna dan fungsi obat tersebut.
b. Kualitas
Hamper semua produk mempunyai kualitas yang bagus menurut konsumen.
c. Rasa
Sesuai dengan usia konsumen.
d. Bentuk
Bentuknya tidak terlalu banyak.
e. Merk
Rata – rata semua merk obat disesuaikan dengan manfaatnya.

3. Segmentasi pasar menurut golongan elektronik
a. Ekonomi
Terjangkau untuk semua kalangan.
b. Kualitas
Terjamin sesuai dengan produknya.
c. Kegunaan
Dapat komunikasi jarak jauh.
d. Bentuk
Bervariasi
e. Merk
Terkenal dan banyak tersebar di dunia.

4. Segmentasi pasar menurut golongan kendaraan
a. Ekonomi
Penggunaanya terbatas hanya untuk kalangan menengah keatas.
b. Kualitas
Tidak usah diragukan lagi
c. Kegunaan
Sangant bermanfaat bagi konsumen
d. Bentuk
Sangat menarik untuk dilihat.
e. Merk
Terkenal dan banyak tersebar didunia.

5. Segmentasi pasar menurut golongan minuman penambah gairah tubuh
a. Ekonomi
Relative murah dan terjangkau untuk semua kalangan.
b. Kualitas
Tidak semua produk baik akan tetapi tidak jelek pula.
c. Kegunaan
Dapat meningkatkan stamina tubuh untuk beraktifitas.
d. Rasa
Dapat membuat konsumen ketagihan.
e. Merk
Banyak tersebar di supermarket.

referensi :

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html